Sabtu, 27 Desember 2008

Blog dapat meningkatkan kualitas pendidikan

Dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satu caranya adalah dengan mendayagunakan teknologi komunikasi dan informasi di kampus. Berbagai penelitian baik di dalam maupun di luar negeri menunjukkan bahwa pemanfaatan bahan ajar yang dikemas dalam bentuk media berbasis TIK, dapat meningkatkan kualitas pendidikan, tidak terkecuali blog. Semenjak generasi teknologi ke-tiga datang ke Indonesia, yaitu generasi e-learning, kesadaran akan proses belajar mengajar dengan menggunakan media berbasis TIK semakin besar. Hal ini juga terjadi di dunia perkuliahan kita yaitu teknologi pendidikan UNJ, yang kini hendak beralih ke cara belajar yaitu ’blended learning’ yang merupakan gabungan antara cara belajar offline dan online. Offline berupa tatap-muka di kelas oleh pengajar, sedangkan online berupa chatting, forum diskusi, dan postingan pada blog pada http://tpers.net.


Namun demikian, penerapan ’blended learning’ melalui http://tpers.net di jurusan teknologi pendidikan belum sepenuhnya dapat dilaksanakan, mengingat masih banyaknya para mahasiswa yang belum memahami apa itu blog, cara membuatnya, baik itu penggunaan navigasi, maupun hal lain diluarnya yang turut mendukung jalannya interaksi antarpengguna di blog tersebut. Oleh karena itu, selain perlu ditumbuhkan kesadaran pada mahasiswa akan pentingnya media blog sebagai sarana pembelajaran, dibutuhkan keaktifan para mahasiswa untuk menulis buah pikirannya pada blog yang dibuatnya sendiri ataupun melalui blog komunitas seperti halnya tpers.net untuk para mahasiswa teknologi pendidikan.
Sebagai langkah nyata dari keinginan tersebut di atas, mahasiswa teknologi pendidikan melalui himpunan mahasiswa teknologi pendidikan menyusun rancangan pelatihan ‘Membuat Blog Sederhana’ untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

1 Orang yang baik hati:

to my friends mengatakan...

wah, bagus tuh.. calon guru ya..

Posting Komentar