Kamis, 25 Desember 2008

Perkembangan Blog

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu, dan berisi artikel dan atau tulisan apa saja yang layak (bahkan sampai yang tak layakpun) untuk dimasukan kedalam blog serta link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri, bahkan bisa dikomentari oleh siapa saja yang kebetulan mampir ke blog tersebut.


Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya, atau biasa disebut para blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar cerdas mereka, pendapat-pendapat pribadi dan pendapat orang yang kebetulan masuk ke blog tersebut.
Perkembangan lain dari blog yaitu ketika kemudian blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya berupa tulisan tentang apa yang seorang blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa blog dibuat untuk dibaca orang lain. Para blogger dengan sengaja mendesain blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain.

1 Orang yang baik hati:

andi8lumut mengatakan...

salam kenal.

Posting Komentar