Minggu, 04 Januari 2009

Setujukah Kamu !!!

Teman Blogger, Aku mau curhat niii, boleh nggak ni?, ach kalo nggak boleh aku paksa aja harus boleh... hehehe.
Begini, aku pernah sharing sama temen aku yang emang islam-nya kuat, dia nanya gini: "Indonesia kan mayoritas Agama Islam. Seandainya niii, Indonesia itu menjadi Negara yang berazas-kan Islam dan bukan Pancasila, kamu setuju nggak?".

Naaah pertanyaan itu sekarang aku lempar deh sama para teman Blogger. ayo setuju nggak? Jawab doonk...


Kalo aku pribadi si sebagai umat Islam plus menjabat sebagai Warga Negara Indonesia yang masih kecil, jujur dan blak-blakan aku tidak setuju (hehehehe...). Karena menurutku, Indonesia itu adalah warisan dari para pejuang yang memang bukan hanya Islam. Uups kalo masalahnya hanya itu saja mungkin banyak orang yang berpendapat bahwa "Kalo memang lebih baik, kenapa tidak!!!"

Tapi aku nggak bisa ngebayangin kalo Dasar Negara Indonesia dirubah menjadi Islam... waaah banyak buangget yang harus dirubah ya... misalnya yang pasti Pancasila butir (pertama) itu harus dirubah (itu udah jelas) karena yang namanya "Ketuhanan Yang Maha Esa" itu cakupannya luas hehehe sok tau aku ini, Terus UUD 1945 juga, dan ada yang paling susah ngerubah itu adalah Lagu Garuda Pancasila, jadi apa ya liriknya nanti?? alllah pokoknya semuanya harus di rubah deh...

Dan yang paling tragisnya niii bagaimana dengan aktivis HAM yang memang selama ini sangat dihargai... waah pokok-nya aku nggak tau deh, kasih tau donk teman-teman, kakak, mas, bang, pak, mbak, teteh, ibu...

33 Orang yang baik hati:

Kristina Dian Safitry mengatakan...

jawaban sulit non,ibarat nyari jamum dalam tumpukan jerami,he..he...sharing hal lain aja ya?

Semangat | Blogger | Indonesia mengatakan...

hehehe kak gadis kesulitan, sama donk...

attayaya mengatakan...

TIDAK SETUJU
aku cinta Indonesia
aku lebih mencintai Islam
Tapi jangan dirubah azas Indonesia yg dari awal dibentuk ke azas Islam.
Negara ini dibentuk oleh mayoritas Islam yang nasionalis berazaskan Pancasila. Negara ini telah menaungi kesemua agama dalam azas tersebut.
Negara ini berazaskan Pancasila, bukan berazaskan agama.
Kalo di rubah berarti tidak ada lagi semboyan
"Bhinneka Tunggal Ika"
Jika dirubah, berarti Piagam Jakarta diberlakukan lagi.

Jadi ga usah dirubah ya.
Gitu aja kok repot.

attayaya mengatakan...

judul blog ini mantap kali.
beda dengan 2 blogger pembenci Indonesia
1 dari Singapura
1 dari Malaysia

ga usah dikasi alamatnya lah ya.
ntar mereka jadi besar kepala.

HIDUP INDONESIA RAYA!!!

attayaya mengatakan...

tapi kenapa ditulis
BLogger INDonesia?

jika dibolak balik huruf besar ma huruf kecil jadinya :
BLIND oggeronesia?
ada artinya?

A-ku-Cinta-Indo mengatakan...

Terimakasih kak Atayaya... comment nya banyak bgt, hehehehe...

Jamrud Khatulistiwa mengatakan...

Kayaknya ndak bisa. Indonesia = Pancasila.

Herveen mengatakan...

ehm..belum setuju seeh..soalnya. antara sesama muslim aja msh banyak perbedaan penafsiran... lebih baik mulai aja diri diri sendiri dulu..mulai dari yg kecil..mulai sekarang juya.. Genbate ^_*

Muhammad Sunaryo mengatakan...

eh.. diangkat jg.. hasil share.. nya.. tapi bukan.. merubah azas indonesia.. namun indonesia menganut hukum islam..!!

andi8lumut mengatakan...

sama saya juga kesulitan, kasih pendapat. xixixi

Luzman Karami mengatakan...

saya setuju dengan usul muhammad sunaryo..
bukan mengubah asas, tapi menganut hukum islam.

dulu kan piagam jakarta pasal 1 pancasila tuh ketuhanan yang Maha Esa dengan menganut syariat Islam bagi setiap pemeluknya.
menurutku itu bagus..
hukum islam tidak akan memberatkan bagi penganut agama lain sebab bisa berlaku secara universal

nirmana mengatakan...

come, read and leave comment : SETUJUUU...

Patria Fajar wibowo mengatakan...

kalo ngerubah pancasila sama dengan ngerubah indonesia, bikin negara lagi aja bung...............

salam kenal yah...

ACTUALIZATION OF FITRAH mengatakan...

jika kita pakai perumpamaan...kita disodori dua produk minuman atau makanan. Pada produk yang satu labelnya tertulis madu tapi ternyata isinya minyak babi. produk yang kedua labelnya minyak babi tapi isinya madu. maka mana yang akan kita pilih? saya pikir biarlah dasar negara kita itu pancasila tetapi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya islami...piye?

Dinul Falah mengatakan...

seru nih....
salam buat rekan-rekan blogger yang lain...
saya setuju dengan pendapat rekan-rekan yang lain.
indonesia didirikan berazaskan pancasila, bukan berazaskan Islam, akan tetapi nilai-nilai yang dikandung didalamnya sesuai dengan hukum Islam (bagi kaum mukmin tentu ini bisa dimulai dari diri sendiri, sehingga dapat menjadi contoh bagi yang lain)
karena sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecil.
pertama 1 orang (diri sendiri) yang hidup sesuai Al Qur'an dan Sunah, kemudian 1 orang lagi meneladani (di dalam keluarga), kemudian tetangga, rt, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan akhirnya meluas seluruh hamba Allah di negara Indonesia ini menjalani kehidupannya di dalam naungan ISLAM.

Salam..

^_^

Edi ismanto mengatakan...

ass....
menurutku..........
benahi dulu moral kita dari rakyat sampai pejabatnya, sesuai ajaran dalm islam.
baru lihat hasilnya nanti... bukan sekedar azas tapi esensi.


salam,...

aviyanto mengatakan...

indonesia ga ada yg salah.. azasnya , garudanya , uud nya.. Yang SALAH oknumnya.. yg dikasih amanat oleh rakyat.. ga legislatif, eksekutif maupun yudikatif semuanya diganti. andai semuanya amanah dan ikhlas bener2 membangun indo ini. kita bisa lebih dr bangsa lain. sampai kpn spt ini?????????

Pangeranucoxs mengatakan...

boleh juga tu, tp ntr bklan ada perang dunia ke 3 dan seterusnya. kalo perang itu terjadi, brti yng ngrubah egois. dan jg terlalu fanatik dg agama dong?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

Sesuai dasar Negara kita Pancasila maka saya tidak setuju. Bukankah berbeda2 itu indah. Asal kita tetap kompak di tengah perbedaan yg ada.

Syamsul Alam mengatakan...

Absolutely no way! Indonesia ada karena ada ras tionghoa, jawa, manado, dll dan meski 90% muslim, negara ini Islamnya masih Islam kejawen. Wew....

Saya muslim tapi menghargai non muslim di negeri ini. Menjadikan Indonesia sbg negara Islam adalah tindakan yang membuat kaum non muslim di sini merasa gimana gitu.

Indonesia keren akrena perbedannya. Biarkan yang beda tetep beda. Persatuan tak selamanya baik anyway... hueheuheu.....

Bpk Oi Majalengka mengatakan...

sangat-sangat setuju, life forever islam, aslama yaslamu salaman, itu yang sekarang indonesia butuhkan.

Anonim mengatakan...

gini aja, mau ngikut Rasulullah..? atau ngikut pendahulu kita yg buat ni negara jd kek gni?

Tinggal pilih, pake hukum ISLAM, atau hukum thagut seperti ini yang bukan dari Allah swt.

Kalo menurut kalian Allah ga bisa buat hukum yang sempurna ya tinggalkan aja ISLAM. Sempurnakah Allah? Jawab oleh kalian masing2..

Peace.

Rudy mengatakan...

Peace !! hehe..

Marilah kita mencoba untk berfikir dgn fleksible. ISLAM juga fleksible (dlm hal tertntu). Maksd saya gini, scara pribadi, saya ga kbrtan jika syareat Islam di berlakukan di Indonesia. Tp, kitapun harus menghargai jasa2 pejuang trdahulu (sikap nasionalisme). Bgaimana kta mengambil sebuah kputusan dgn bijaksana, tdk merugikan pihak / golongan terntu. demikianlah yg saya maksud dgn fleksible dlm berfkir. Mengapa ? Para pejuang trdahulu tdk semuanyakan beragama Islam, tp perjuang mreka di dasari dgn smangat & harapan agar Indonesia bisa Merdeka, bukan harapan agar Menjadi Negara Islam.
Tp karena hukum2 Islam juga sngt efektif, maka tak ada salahnya jika settingan hukum Indonesia mengadopsi hukum Islam dgn menyesuaikannya dgn perkmbngn jaman, kaum minoritas, dan PANCASILA.

Ini hanya argument saya, ingat, ini cuma argument. Peace ! hehe

Anonim mengatakan...

gw stuju sama comment diatas ..

qta harus ambil yang menurut qta terbaik dan sesuai untuk negara qta ,,

ngrubah negara ini jadi negara Islam sama aja ngrubah Fondasi negara ini ..

negara ini bukan negara Islam
itu bukan berarti bahwa qta bukan orang Islam

so, biarlah negara ini berjalan apa adanya ,,

Anonim mengatakan...

jelaskan pendapat anda setelah sekian lama pancasila sebagai dasar negara, pilsafat bansa negara, jiwa dan kepribadian,etika politik ada di indonesia belum juga dapat mewujudkan masyarakat adil dan makmur.
pertanyaan saya : perlukah pancasila di ganti dengan dasar negara yang lain.
jawaban dan alasannya tolong kirim ke email saya.
zefri_syn@yahoo.co.id

susan mengatakan...

weww..bingung jg jawabny..

aliaz mengatakan...

gapapa lagi, kalo Indonesia berubah jd negara islam. Toh, islam kan tetep welcome dg agama apapun. BAGIMU AGAMU DAN BAGIKU AGAMAMU.

aliaz mengatakan...

ups salah tulis! maksudku: BAGIMU AGAMAMU DAN BAGIKU AGAMAKU. maap y semua

Rizky2009 mengatakan...

aq g setuju kalau indonesia berubah jadi negara yang berazazkan islam, meskipun mayoritas islam, negara kita punya banyak keragaman budaya, bahkan agama pun g cuma yang d akui oleh negara saja, itulah bedanya indonesia dengan negara lain. indonesia tetaplah berlandazkan panca sila

insidewinme mengatakan...

Hari ini kaum Muslimin berada dalam situasi di mana aturan-aturan kafir sedang diterapkan. Maka realitas tanah-tanah Muslim saat ini adalah sebagaimana Rasulullah Saw. di Makkah sebelum Negara Islam didirikan di Madinah. Oleh karena itu, dalam rangka bekerja untuk pendirian Negara Islam, kelompok ini perlu mengikuti contoh yang terbangun di dalam Sirah. Dalam memeriksa periode Mekkah, hingga pendirian Negara Islam di Madinah, kita melihat bahwa RasulAllah Saw. melalui beberapa tahap spesifik dan jelas dan mengerjakan beberapa aksi spesifik dalam tahap-tahap itu

cara Mengobati Maag kronis mengatakan...

tidak setuju

zaskia mengatakan...

thanks sob untuk postingannya...
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
http://chaniaj.blogspot.com/

文章 mengatakan...

餐飲設備 製冰機 洗碗機 咖啡機 冷凍冷藏冰箱 蒸烤箱 關島婚禮 巴里島機票 彈簧床 床墊 獨立筒床墊 乳膠床墊 床墊工廠 產後護理之家 月子中心 坐月子中心 坐月子 月子餐 銀行貸款 信用貸款 個人信貸 房屋貸款 房屋轉增貸 房貸二胎 房屋二胎 銀行二胎 土地貸款 農地貸款 情趣用品 情趣用品 腳臭 長灘島 長灘島旅遊 ssd固態硬碟 外接式硬碟 記憶體 SD記憶卡 隨身碟 SD記憶卡

Posting Komentar